History of PVA

Saat itu sekitar pukul 04:00 UTC, pada penerbangan maskapai garuda indonesia dengan nomor penerbangan GA651 dengan route DJJ-CKG terdapat chat masuk di ivap saya. “Hallo capt, sa dengar capt asal dari papua ka? Kalo sa dari sentani.”

Ada perasaan senang bercampur bingung saat itu. Senang karena akhirnya bisa mendapat seorang teman dari Papua namun bingung untuk bagaimana menjawab chat ini? Itulah sepenggal kisah saya di saat-saat awal bergabung bersama IVAO. Dari kisah inilah muncul ide bersama membuat sebuah komunitas aviation untuk saling share dan membantu permasalahan yang dihadapi dalam dunia virtual aviation terutama kepada member pemula di IVAO yang pastinya akan mengalami kesulitan dan permasalahan seperti yang pernah saya alami.

Papua Virtual Aviation terbentuk pada tanggal 31 Maret 2018, dengan keinginan mewadahi peminat dunia aviasi khususnya di daerah Papua dengan berbagai macam permasalahan yang ada khususnya di daerah Papua. Jiwa kebersamaan member PVA dengan dialek yang sama dan permasalahan yang sama membuat group ini mempunyai ikatan moral yang sangat kuat di antara para membernya.